17 Oct 2017 07:06 am

Kajian


Hak atas Informasi dan Kewarganegaraan

Hak atas Informasi dan Kewarganegaraan5 Feb 2013 23:04 pm - Asep Saefullah

Hak untuk mengakses informasi yang diselenggarakan oleh otoritas publik, yang dikenal secara beragam sebagai hak atas informasi (Right to Information/RTI), kebebasan informasi atau akses memperoleh informasi, telah mencapai masa kematangannya.



Standar Internasional untuk Hak Atas Informasi

5 Feb 2013 22:07 pm - Asep Saefullah

Setiap orang memiliki hak untuk bebas berpendapat dan berekspresi; Hak ini termasuk hak memiliki pendapat tanpa gangguan, dan untuk mencari, menerima, serta menyampaikan informasi dan ide melalui media apa saja, tanpa memandang bata-batas tertentu.



Refleksi Pelaksanaan UU Kebebasan Informasi Publik

5 Feb 2013 21:21 pm - Asep Saefullah

Operasionalisasi pasal 28F UUD 1945 hasil Amandemen: “Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia”



Penafsiran Atas Pengecualian Dalam Hak Atas Informasi

9 Mar 2012 16:43 pm - admin

Pada tataran implementasi, masih terdapat banyak tantangan. Persoalan utama adalah bagaimana caranya menerapkan uji konsekuensi secara layak, seperti juga untuk melakukan uji kepentingan publik untuk membuka informasi. Hal ini merupakan tantangan di semua negara yang memiliki undang-undang hak atas informasi, tetapi hal ini sangat menantang bagi negara seperti Indonesia yang baru saja memberlakukan undang-undang hak atas informasi



Jerat Sanksi dalam UU KIP

13 Feb 2008 21:29 pm - Asep Saefullah

“Setiap orang yang dengan sengaja menyalahgunakan informasi publik dan/atau melakukan penyimpangan pemanfaatan informasi …. dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp 30.000.000,00.”