17 Oct 2017 07:00 am

Modul bagi Badan Publik Melaksanakan UU No.14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

4 Jun 2013 04:25 am - Administrator

Pada bulan Mei 2008, Pemerintah Indonesia mengesahkan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dengan demikian, Indonesia bergabung bersama berbagai negara lainnya di dunia yang telah memiliki undang-undang mengenai hak atas informasi, yang memberikan hak kepada individu untuk mengakses informasi yang dikuasai oleh adan Publik. Undang-undang ini memberikan kewajiban kepada Badan Publik untuk melakukan keterbukaan, baik dengan mumpublikasikan informasi secara proaktif dan dengan merespon permohonan informasi. Manual pelatihan ini dirancang secara spesifik untuk membantu petugas yang bekerja pada Badan Publik lokal di Indonesia agar dapat melaksanakan kewajiban yang dibebankan kepadanya berdasarkan UU No. 14 Tahun 2008, sekalipun itu juga dapat digunakan oleh petugas lain.

Pendekatan dalam pelatihan ini didasarkan pada suatu model yang mendorong adanya partisipasi dan aspirasi dari peserta, Kami bertujuan untuk menciptakan suasana pelatihan di mana peserta terlibat secara aktif, mengidentifikasi permasalahan yang terkait dengan lingkunga kerjanya, dan membantu untuk menciptakan solusi untuk permasalahan-permasalahan tersebut secara kooperatif.

Beberapa prinsip penting yang harus diperhatikan dalam pelatihan ini adalah:

  1. Kedudukan yang setara antara peserta, penyelenggara, dan narasumber;
  2. Peserta, penyelenggara, dan narasumber memiliki tanggung jawab sesuai peran masing-masing. Keberhasilan pelatihan menjadi tanggung jawab bersama, namun peran dalam pelatihan berbeda antar peserta, penyelenggara, dan narasumber;
  3. Peserta sebagai subjek pelatihan (partisipasi aktif);
  4. Suasana saling menghargai, serius namun santai (fleksibel) ;
  5. Tujuan pelatihan yang komprehensif bagi peserta (pengetahuan, kesadaran, dan keterampilan)

 

Alur Pelatihan

Pelatihan ini terdiri dari 8 (delapan) sesi yang merupakan suatu kesatuan koheren, masing-masing dengan materi dengan bobot dan tingkat kesulitan yang berbeda, namun dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan penerimaan secara efektif bagi peserta.

 

Selengkapnya dapat diunduh DISINI