24 Jan 2018 00:36 am

Pemerintah Belum Transparan, UU KIP Tidak Efektif

4 Mar 2012 03:27 am - admin

Bandung [SuaraJabar.Com] - Pemerintahan sekarang dinilai masih belum mampu memenuhi keinginan publik untuk lebih transparan, terutama pemakaian anggaran. Seringkali para pejabat dan stafnya masih merasa ketakutan untuk memberikan data fakta terkait informasi yang diminta.

Demikian disampaikan Direktur Pengelolaan Media Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Sadjan dalam Rapat Koordinasi Badan Koordinasi Humas Provinsi Jawa Barat di kantor Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jawa Barat Jalan Tamansari Kota Bandung, Rabu (29/2/2012).

Sadjan mengatakan, semestinya pejabat publik mengacu pada Undang-undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) yang berlaku efektif sejak 2010 lalu. Namun implementasinya masih belum diterapkan secara penuh oleh hampir semua lembaga.

“Transparansi ini terjadi di seluruh daerah, bahkan tingkat nasional. Padahal untuk daerah, UU KIP sepenuhnya menjadi otoritas kepala daerah dan DPRD. Uniknya, Menkominfo pun mengakui Undang-undang KIP belum efektif,” ungkap Sadjan.

Dia menyatakan, pejabat publik di Indonesia memang terkesan belum siap menerapkan aturan tersebut. Padahal aturan itu dibuat bertujuan demi terciptanya keterbukaan mencegah tindak pidana korupsi.

“Karena belum siap, kondisi ini malah dimanfaatkan oleh oknum tertentu. Saya berkali-kali didatangi orang tertentu yang minta bocoran informasi dengan tujuan tidak jelas. Tetapi umumnya mereka menyodorkan alasan demi pemenuhan hak publik,” katanya.

Sadjan meminta pemerintahan segera menjalankan tugas dan fungsinya secara transparan berdasarkan UU KIP. Upaya tersebut dilakukaan melalui lembaga kehumasan untuk menginformasikan citra positif pemerintah.

“Kontribusi lembaga humas ini adalah sosialisasi kebijakan pemerintah dalam rangka membangun kesamaan persepsi masyarakat. Selain itu, menjaga kontinuitas sebaran informasi positif, melakukan pra-conditioning, dan menetralisasi informasi yang berseberangan atau negatif,” tegasnya. (inl/sj)

http://www.suarajabar.com/jabar/fokus-jabar/757-pemerintah-belum-transparan-uu-kip-tidak-efektif.html